Rabu, 09 Juli 2008

Sebagai RENUNGAN mari kita simak

Sebagai RENUNGAN mari kita simak wewaler di bawah ini yang masih berkaitan dengan Teka-teki “ TAPAK KUNTUL NGELAYANG ( mabur ). Namun mohon maaf jika ini tersajikan asli dalam bahasa Jawa. Kalau ada saudara-saudaraku yang mau menjabarkan dalam bahasa Indonesia monggo dipersilahkan. Wewaler ini saya nukilkan dari wejangan “ Guru PAMEJANG “ Ki S. Suryosanjoyo dalam “ KAWERUH MONCO WARNO “ dari Kebon Agung – Malang – Jawa Timur.

Tapake Kuntul Nglayang ( mabur ) : Iku ateges, Ora nganggo labuh, tanpo tilas, nyatane metu soko KAHANANE.

Kombang nganjap ing tawang : Iku ateges, Gesang kito pribadi kang durung oleh panggonan ( Ghaib ).

Panca Driyo : iku ateges, Pikiran cacahing 5 ( limang ) perkoro kang soko ROSO.

Kusuma Anjrah ing Tawang : Iku ateges, Wiwit nyoto KAHANANE.

Tunjung tanpo Telogo : Iku ateges, Kembang Teratai kang urip ono ing Banyu.

Isine Bumbung ( Wuluh ) wungwang : Iku ateges, Isen-isene wong kang banjur kang diarani MANUNGSO.

Golek Geni Dedamaran : Iku ateges, Manungso kang golek Kaweruh becik kudu madhangake ANGEN-ANGENE.

Ngangsu pikulan banyu : Iku ateges, Lamun karep ngupoyo sandhang pangan kudu ngetokake KRINGETE dhewe.

Jaran ngarep ing pandengan : Iku ateges, Cumitake ANGEN-ANGEN

Kekesod ngideri Jagad : Iku ateges, Kawedar kahanane.

Kodhok ngemuli lenge : Iku ateges, Anane Gusti yo anane Kawulo. Awit anane sifat kawulo diliputi ing Gusti. Dadi Dzating Gusti iku sing nguwasani sifate manungso, awit Gusti wenang MBABAR ugo wenang NGUKUT.

Galihe Kangkung : Iku ateges, Anane Hyang SUKMO SEJATI sing teko lan lungo.

Mudah-mudahan wewaler diatas bisa menjadikan bahan perenungan bagi kita bersama dalam menjalani kehidupan kita masing-masing dengan harapan kita bisa saling ASAH, ASIH dan ASUH dengan landasan sikap yang RAHMAN dan RAHIM ( Welas Asih ) terhadap sesama makhluk UNVERSAL “ tanpa memandang ATRIBUT yang dikenakannya “ agar kita selamat dan selalu berada di JALAN yang LURUS ( Ihdinas Sirotol Mustaqim ) untuk bisa PULANG kembali kepada Tuhan Yang Maha MEMILIKI dalam keadaan “ Nafsul Mutma’innah ( Jiwa yang tenang )“ hingga yang namanya “ Kolu Innalillahi wainna Ilaihi Rojiun ( semua yang berasal daripada-Nya akan kembali kepada-Nya ) “ bentul-betul menjadi kenyataan kelak. Amin.

SYAHADAT PANETEPING AGOMO

Bismillah Hirrohman Nirrohim.

Ingsun anebut Asmaning Dzat ingkang Moho Suci kang WELAS ASIH

“ Asyhaduallah Illaha Illallah, wa asyhaduanna Muhammadar Rosulullah “

Ingsun anekseni (angaweruhi) Syahadat panetep panata Agomo kang jumeneng “ Rochilafi “ kang ono telenge Ati kang dadi pancering URIP, kang dadi lanjering Gusti Allah kang tunggal ( Esa ). Wangunane Muhammad kang dadi utusaning Dzat kang Moho Suci yao iku sejatine Cahyo kang sinampurno ingkang madhangi alam kabeh sak isine. Becik donya ugo becik Akherat. Slamet Donya ugo Slamet Akherate.

Akhirnya dengan harapan semoga kita masih bisa bertemu lagi dalam dunia MAYA ini.

Nuwun.

Pamuji RAHAYU buat semua saudara-saudaraku yang TERKASIH.

Penasaran dengan teka-teki yang diberikan oleh burung Kuntul pada postingan saya terdahulu tentang Mengenal Diri…Mengenal Tuhan “ carilah jejak kakiku, ketika aku terbang “ membuat saya termotifasi untuk melakukan perjalanan melanglang buana menyelami samudera BATINKU yang paling dalam. Sedalam laut Bandakah…?? he..he..Dalam khasanah Jawa, terminologi AJARAN tentang HIDUP begitu banyak disampaikan oleh orang-orang bijak dalam bentuk tembang, serat-serat dan rata-rata membutuhkan penafsiran yang bukan bersandar pada AKAL dan PIKIRAN, melainkan dituntut adanya peran BATIN untuk menelanjangi dan memaknainya, ahhhg…masak sih…??. Bayangkan saja mana ada JEJAK kaki burung Kuntul ( Bangau ) ketika terbang…?? bisakah kita menemukan bekas jejaknya…?? Mari kita sama-sama saling merenungi sebuah pesan yang sangat syarat dengan HIKMAH dan MAKANA seperti yang disampaikan oleh Kali Jaga dalam bentuk metrum Dhandhang gulo seperti di bawah ini.

“ Ana pandhita akarya wangsit, kaya kombang anggayuh tawang, susuh angin ngendinggone, lawan galihing kangkung, watesane langit jaladri, tapake kuntul mabur lan gigiring panglu, kusumo anjrah ing tawang, isine wuluh wungwang

Mengenal DIRI, Mengenal Tuhan…??

seberapa susah dan seberapa gampangkah sebenarnya mengenal DIRI itu? Sebegitu pentingnya kah hal itu sehingga bisa mengantarkan seseorang pada suatu pengenalan yang sungguh-sungguh Agung…??, sesuatu yang dicita-citakan oleh siapa saja yang percaya pengenalan akan Tuhan…? Bukankah yang disebut “saya-aku” ini yah.. saya-aku…, yah yang berupa jasad badan kasar ini…? Tidakkah kita semua tahu dan telah kenal diri kita sendiri…?

AKU…Sopo INGSUN??


AKU yang sesungguhnya adalah perbendaharaan kata yang tersembunyi.

Jika engkau ingin menemui - KU

Selamilah ke dalam samudera batinmu paling dalam.

Yang Gelap dan Terangnya takkan terjangkau oleh pandangan mata Jasmanimu.

Karena AKU tidak berada di dalam gelap dan terangnya pandangan matamu yang PALSU dan MENYESATKAN jalanmu.

AKU adalah Spirit yang “ TULIS TANPO PAPAN KASUNYATAN “

AKU adalah Substansi yang “ GUMANTUNG TANPO CENTHELAN “

AKU adalah Esensi yang “ LUNGGUH DUMUNUNG neng BATIN sing SUCI “

Ketika AKU terkurung oleh badan jasmani.

AKU lah yang DZAHIR.

Mengejahwantah dalam ASMA, SIFAT dan AF’AL yang “ SEPI ING PAMRIH RAME ING GAWE “

Tetapi…., Ketika AKU mengurung dan menyelimuti badan Jasmani.

AKU lah yang BATIN.

Mengejahwantah dalam DZAT yang ” TAN KENO KINOYO NGOPO “


ISLAM SEJATI
Saya hanya ingin mengatakan bahwa judul ” ISLAM SEJATI ” di atas bukanlah Islam dalam konteks nama atau label formalitas Agama. Melainkan sebuah ” SIKAP dan KESADARAN sang DIRI ” manusia dengan label apapun nama Agamanya dalam berbuat dan bertindak atas dasar Sabar, Ikhlas dan Ridhlo, serta WELAS dan ASIH terhadap sesama makhluk hanya semata-mata sebagai wujud penghambaan kepada Tuhan. Orang Islam yang sejati adalah orang yang berjuang ( jihad, mujahadah ) untuk mencapai derajad ketaqwaan yang tinggi secara terus menerus dan konsisten dalam kehidupan ini yang tidak hanya menyebut-nyebut Asma Tuhan saja , tetapi tekanannya adalah pada “ aksi dan tindakan nyata “ dalam setiap perbuatan yang didasarkan pada niat “ lillah Billah - Lirrosul Birrosul ( pinjem istilah populer dikalangan WAKIDIYAH ) “, sehingga pada saatnya ajal datang menjemput atau matipun diharapkan kita-kita ini dalam “ Keadaan Islam “ ( innad diina indallahil Islam




0 Comments: